Macam-Macam Serangan Pada Sistem Jaringan Komputer

Sumber Gambar: https://celahkeamanan.wordpress.com.
Keamanan jaringan adalah suatu cara atau suatu sistem yang digunakan untuk memberikan perlindungan pada jaringan agar terhindar dari berbagai ancaman luar yang dapat merusak jaringan. Tujuan keamanan jaringan adalah untuk mengantisipasi resiko jaringan berupa bentuk ancaman fisik maupun logic baik langsung ataupun tidak langsung yang dapat mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung dalam jaringan. Serangan terhadap keamanan sistem informasi (security attack) akhir-akhir ini seringkali terjadi. Berikut beberapa tipe dari serangan yang biasanya dilakukan yaitu:

Spoofing

Spoofing adalah Teknik yang digunakan untuk memperoleh akses yang tidak sah ke suatu komputer atau informasi, dimana penyerang berhubungan dengan pengguna dengan berpura-pura memalsukan bahwa mereka adalah host yang dapat dipercaya. Hal ini biasanya dilakukan oleh seorang hacker/ cracker.

Macam-Macam Spoofing:
- IP Spoofing adalah serangan teknis yang rumit yant terdiri dari beberapa komponen. Ini adalah eksploitasi keamanan yang bekerja dengan menipu komputer dalam hubungan kepercayaan bahwa anda adalah orang lain. Terdapat banyak makalah ditulis oleh daemon9, route, dan infinity di Volume Seven, Issue Fourty-Eight majalah Phrack.
- DNS spoofing adalah mengambil nama DNS dari sistem lain dengan membahayakan domain name server suatu domain yang sah.
- Identify Spoofing adalah suatu tindakan penyusupan dengan menggunakan identitas resmi secara ilegal. Dengan menggunakan identitas tersebut, penyusup akan dapat mengakses segala sesuatu dalam jaringan.

Ddos (Distributed Denial of Service)

Serangan DOS (Denial-Of-Service attacks) adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut.

Beberapa contoh Serangan DOS lainnya adalah:
- Serangan Buffer Overflow, mengirimkan data yang melebihi kapasitas sistem, misalnya paket ICMP yang berukuran sangat besar.
- Serangan SYN, mengirimkan data TCP SYN dengan alamat palsu.
- Serangan Teardrop, mengirimkan paket IP dengan nilai offsetyang membingungkan.
- Serangan Smurf, mengirimkan paket ICMP bervolume besar dengan alamat host lain.

Ping Kematian (Ping of death)

Ping Kematian ( Ping of death disingkat POD) adalah jenis serangan pada komputer yang melibatkan pengiriman ping yang salah atau berbahaya ke komputer target. Sebuah ping biasanya berukuran 56 byte (atau 84 bytes ketika header IP dianggap). Dalam sejarahnya, banyak sistem komputer tidak bisa menangani paket ping lebih besar daripada ukuran maksimum paket IP, yaitu 65.535 byte. Mengirim ping dalam ukuran ini (65.535 byte) bisa mengakibatkan kerusakan (crash) pada komputer target.

Dalam beberapa tahun terakhir, muncul jenis serangan ping yang berbeda yang telah menyebar luas, contohya membanjiri korban dengan ping (ping flooding), dengan membanjiri begitu banyak ping pada lalu lintas jaringan, yang mengakibatkan kegagalan normal ping mencapai sistem yg dituju (dasar serangan Denial of Service).

Sniffer

Sniffer Paket atau penganalisa paket yang juga dikenal sebagai Network Analyzers atau Ethernet Sniffer ialah sebuah aplikasi yang dapat melihat lalu lintas data pada jaringan komputer. Dikarenakan data mengalir secara bolak-balik pada jaringan, aplikasi ini menangkap tiap-tiap paket dan kadang-kadang menguraikan isi dari RFC(Request for Comments) atau spesifikasi yang lain. Berdasarkan pada struktur jaringan (seperti hub atau switch), salah satu pihak dapat menyadap keseluruhan atau salah satu dari pembagian lalu lintas dari salah satu mesin di jaringan. Perangkat pengendali jaringan dapat pula diatur oleh aplikasi penyadap untuk bekerja dalam mode campur-aduk (promiscuous mode) untuk "mendengarkan" semuanya (umumnya pada jaringan kabel).

Sniffer paket dapat dimanfaatkan untuk hal-hal berikut:
- Mengatasi permasalahan pada jaringan komputer.
- Mendeteksi adanya penyelundup dalam jaringan (Network Intusion).
- Memonitor penggunaan jaringan dan menyaring isi isi tertentu.
- Memata-matai pengguna jaringan lain dan mengumpulkan informasi pribadi yang dimilikanya.
- Dapat digunakan untuk Reverse Engineer pada jaringan.

Paket-paket yang terkenal:
- WireShark
- Tcpdump
- Ethereal
- Ettercap
- dSniff
- EtherPeek
- AiroPeek

DNS Poisoning

DNS Poisoning merupakan sebuah cara untuk menembus pertahanan dengan cara menyampaikan informasi IP Address yang salah mengenai sebuah host, dengan tujuan untuk mengalihkan lalu lintas paket data dari tujuan yang sebenarnya. Cara ini banyak dipakai untuk menyerang situs-situs e-commerce dan banking yang saat ini bisa dilakukan dengan cara online dengan pengamanan Token. Teknik ini dapat membuat sebuah server palsu tampil identik dengan dengan server online banking yang asli. Oleh karena itu diperlukan digital cerficate untuk mengamankannya, agar server palsu tidak dapat menangkap data otentifikasi dari nasabah yang mengaksesnya. Jadi dapat disimpulkan cara kerja DNS (Domain Name System) poisoning ini adalah dengan mengacaukan DNS Server asli agar pengguna Internet terkelabui untuk mengakses web site palsu yang dibuat benar-benar menyerupai aslinya tersebut, agar data dapat masuk ke server palsu.

Trojan Horse

Trojan horse atau Kuda Troya atau yang lebih dikenal sebagai Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan (malicious software/malware) yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).

Trojan berbeda dengan jenis perangkat lunak mencurigakan lainnya seperti virus komputer atau worm karena dua hal berikut:
- Trojan bersifat "stealth" (siluman dan tidak terlihat)
- Trojan dikendalikan dari komputer lain (komputer attacker).

Beberapa jenis Trojan yang beredar antara lain adalah:
- Pencuri password
- Pencatat penekanan tombol (keystroke logger/keylogger)
- Tool administrasi jarak jauh (Remote Administration Tools/RAT)
- DDoS Trojan atau Zombie Trojan
- Sebuah jenis Trojan yang mengimbuhkan dirinya sendiri ke sebuah program untuk memodifikasi cara kerja program yang diimbuhinya.
- Cookies Stuffing, gunanya untuk membajak tracking code penjualan suatu produk.

SQL Injection

Injeksi SQL atau SQL Injection memiliki makna dan arti yaitu sebuah teknik yang menyalahgunakan sebuah celah keamanan yang terjadi dalam lapisan basis data sebuah aplikasi. Celah ini terjadi ketika masukan pengguna tidak disaring secara benar dari karakter-karakter pelolos bentukan string yang diimbuhkan dalam pernyataan SQL atau masukan pengguna tidak bertipe kuat dan karenanya dijalankan tidak sesuai harapan. Ini sebenarnya adalah sebuah contoh dari sebuah kategori celah keamanan yang lebih umum yang dapat terjadi setiap kali sebuah bahasa pemrograman atau skrip diimbuhkan di dalam bahasa yang lain

Untuk mempermudah dalam praktek SQL Injection ini, maka bisa menggunakan tools berikut:
- BSQL Hacker
- The Mole
- Pangolin
- SQLMap
- Havij
- Enema SQLi
- SQL Ninja
- SQL Sus
- Safe SQL Injector
- SQL Poizon

PHP Injection

Script php merupakan salah satu script yang sampai saat ini banyak digunakan oleh seorang webmaster, disamping rival nya Java. Script php ini begitu 'Powerfull', mengapa dikatakan demikian karena dalam script php ini kita bisa melakukan banyak hal. Mulai dari membuat file, membuat counter, membuat date, membuat bukutamu, membuat forum (salah satunya PhpBB), mengakses database secara langsung maupun juga membuat gambar dan animasi. Kesemuanya itu sudah terdapat dalam fungsi dari script php ini. Karena hal itu lah maka masih banyak orang yang menggunakannya untuk membangun sebuah website, selain karena cukup mudah dipelajari. Jadi PHP Injection adalah mencari bugs pada script php yang ada yang dilakukan oleh sebagian hacker.

Script Kiddies

Script Kiddie adalah seseorang yang memiliki kemampuan kurang dalam dunia internet yang hanya bisa menggunakan tools orang lain untuk melakukan serangan terhadap jaringan internet, biasanya hanya untuk sensasi. Pada zaman sekarang ini menjadi seorang Script Kiddie tidak lah susah karena hanya dengan bermodal koneksi internet dan mengerti sedikit tentang komputer, Orang awam seperti saya pun bisa menjadi Seorang Script Kiddie karena hanya sedikit mempelajari tool-tools yang di sebar di internet dan mempelajarinya maka kita bisa menjadi Seorang Script Kiddie. Di dunia hacker sendiri, Seorang Script Kiddie diartikan  sebagai seseorang dengan niat buruk yang menggunakan program lain untuk menyerang sistem komputer atau pun melakukan deface pada website.

Di Zaman ini apa pun sangat mudah di temukan di internet, sama juga dengan senjata andalan Script Kiddie. Banyak sekali tools yang bisa di download di internet dan dapat di gunakan dengan mudah walau pun digunakan orang awam sekali pun. Satu yang sangat sederhana yaitu dengan cara menscan IP/web untuk mencari kelemahan sistem yang dapat di serang dengan mudah, untuk menjadi Seorang script kiddie. Seseorang tidak usah kerja hingga larut malam karena banyak tools yang bekerja secara otomatis jadi bisa kita tinggal beraktivitas dan kita tinggal menunggu hasil scan dari sebuah tool.

Dibawah ini adalah sedikit hal buruk yang dapat terjadi jika sebuah sistem telah di serang:
- Deface Web: Setelah penyusup berhasil masuk ke web serve dan mempunyai akses penuh di sebuah webs, biasanya yang di lakukan seorang script kiddie adalah mengganti halaman utama sebuah web dengan id nickname beserta pesan yang ditujukan buat admin web tersebut.
- Menginfeksi  Sistem: Salah satu contohnya melalui virus atau pun worm yang disebar melalui internet yang nantinya virus atau worm yang menginfeksi sebuah komputer akan menggubah sisitem, menggambil file-file penting yang ada pada komputer atau merusak total sebuah computer hingga tidak bisa digunakan kembali.
- Mengambil password: Password dengan strong type ( mempunyai password yang sulit di tebak ) kadang tidak berdaya jika script kiddie telah menjalankan program keylogger atau sebuah program yang dapat meng-enskrip sebuah password jika seorang script kiddie telah mendapatkan akses penuh, maka mereka dapat sesuka hati melakukan hal apa saja, contohnya seperti menghapus atau mencuri file-file sangat penting.
Macam-Macam Serangan Pada Sistem Jaringan Komputer Macam-Macam Serangan Pada Sistem Jaringan Komputer Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 4/10/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.