Modul Basis Data CDM dan PDM : Kartu Rencana Studi Mahasiswa

CDM(Conseptual Data Model) merupakan pemodelan yang dibuat berdasarkan objek-objek dasar dan hubungan antara objek-objek tersebut yang tidak bergantung pada software atau pertimbangan model struktur data, serta dapat dikonversikan ke bentuk PDM. Sedangkan PDM(Physical Data Model) merupakan representasi fisik dari suatu database yang akan dibuat. PDM dapat dihasilkan melalui CDM yang valid.

CONTOH SOAL
Buatlah model CDM dan PDM dengan studi kasus universitas !

PEMBAHASAN
CDM
CDM KRS
CDM Universitas di atas memiliki 5 entitas yaitu: mahasiswa, jadwal, ruang, matkul, dan dosen. Pada setiap entitas tersebut memiliki primary key sendiri misalnya mahasiswa dengan nim, jadwal dengan id_jawal, ruang dengan no_ruang, matkul dengan kd_mk, dan dosen dengan nip. Dan memiliki 4 relasi. CDM di atas dapat dibaca sebagai berikut :
1. Satu mahasiswa dapat memilih banyak jadwal dan satu jadwal dapat dipilih oleh banyak mahasiswa, maka kardinalitasnya adalah many to many.

2. Satu jadwal menempati satu ruang dan satu ruang dapat ditempati banyak jadwal, maka kardinalitasnya adalah many to one.

3. Satu jadwal memilih satu matkul dan satu matkul dapat dipilih oleh banyak jadwal, maka kardinalitasnya adalah many to one.

4. Satu matkul dapat diajar banyak dosen dan satu dosen dapat mengajar banyak matkul, maka kardinalitasnya adalah many to many.

PDM
PDM KRS
Setelah di generate ke PDM maka akan ada tambahan entitas baru karena kardinalitas many to many pada relasi mengajar dan memilih, dengan entitas memilih yang berisi atribut npm dan id_jadwal yang diambil dari entitas mahasiswa dan jadwal, serta entitas mengajar yang berisi nip dan kd_mk yang diambil dari entitas dosen dan matkul.

QUERY
Modul Basis Data CDM dan PDM : Kartu Rencana Studi Mahasiswa Modul Basis Data CDM dan PDM : Kartu Rencana Studi Mahasiswa Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 7/05/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.