Rangkuman Cloud Computing Teknologi Komputer Berbasis Sistem Cloud

Definisi Cloud Computing

Cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing. Teknologi komputer berbasis sistem cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.
Sumber Gambar: https://www.robicomp.com.

Manfaat Cloud Computing

1. Semua data tersimpan di server secara terpusat

Salah satu keunggulan teknologi cloud adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan cloud computing itu sendiri. Selain itu, pengguna juga tak perlu repot repot lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dll karena semua telah tersedia secara virtual.

2. Keamanan data

Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan cloud computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan iso, data pribadi, dll.

3. Fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi

Teknologi cloud menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk. Bahkan salah satu praktisi it kenamaan dunia, mendiang steve jobs mengatakan bahwa membeli memori fisik untuk menyimpan data seperti hardisk merupakan hal yang percuma jika kita dapat menyimpan nya secara virtual/melalui internet.

4. Investasi jangka panjang

Penghematan biaya akan pembelian inventaris seperti infrastruktur, hardisk, dll akan berkurang dikarenakan pengguna akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan cloud computing. Biaya royalti atas lisensi software juga bisa dikurangi karena semua telah dijalankan lewat komputasi berbasis cloud.

Contoh Jenis Layanan Cloud Computing

1. Software as a service (saas)

Jenis layanan software as a service (saas) adalah layanan yang menyediakan aplikasi siap pakai yang ditujukan kepada pengguna akhir (end user). Disini user tidak perlu membuat aplikasi atau infrastruktur. Contoh dari layanan ini adalah layanan seperti hotmail, gmail, ymail, twitter dan facebook disini user tidak perlu repot-repot membuat sebuah aplikasi alias siap pakai saja, untuk layanan berbayar contohnya adalah penggunaan aplikasi office365, salesforce, dan lain sebagainya.
   

2. Platform as a service (paas)

Layanan ini menyewakan tempat untuk menjalankan sebuah aplikasi dari pengguna. Layanan tersebut bisa saja seperti penyediaan sistem operasi, database, framework yang merupakan platform untuk menjalankan sebuah aplikasi. Jadi disini pengguna tidak peru melakukan maintenance dan menyiapkan infrastruktur sehingga user hanya focus untuk membangun sebuah aplikasi. Sebagai contoh layanan ini adalah seperti windows azure, amazon web service, google app engine dan sebagainya . 

3. Infrastructure as a service (iaas)

Infrastructure as a service (iaas) adaah layanan yang menyediakan infrastruktur it kepada pengguna akhir dimana layanan tersebut dibangun berbasis cloud. Infrastruktur tersebut bisa bersifat fisik seperti hardisk, memory, jenis server, jaringan, dan sebagainya. Cloud provider disini hanya menyediakan infrastruktur berdasarkan permintaan dari pengguna. Jadi jika user ingin melakukan penambahan atau upgrade infrastruktur dia bisa menghubungi penyedia server cloud tersebut. Contoh dari layanan ini seperti amazon ec2, rackspace cloud, dan sebagainya .

Masalah Cloud Computing

1. Keamanan sebuah data

Masalah keamanan data masih menjadi hal yang harus diperhatikan pada penggunaan system cloud, karena semua pengguna komputer yang terhubung dengan jaringan internet bisa saja mengakses server cloud, disini bukan tidak mungkin para penyusup atau sebut saja cracker computer bisa masuk ke server dan melakukan pengruskan data, menghapus data atau bahkan mencuri data anda, untuk itulah pilihlah server cloud yang anda nilai cukup aman dan memiliki intergritas yang baik. 

2. Privasi

Dari sisi privasi atau erahasiaan data, tentu sekalipun system yang digunakan pada server cloud telah menerapkan enkripsi data, tapi tetap saja ada kemungkinan data yang anda simpan di server cloud bisa terbaca oleh orang lain . 

3. Rawan penyusup

Seperti telah disinggung pada poin pertama keamanan data pada komputer cloud bisa saja menjadi masalah, seperti terjadinya hacking data, masuknya penyusup seperti virus/malware ke server cloud bisa menjadi masalah bila system keamanan yang diterapkan oleh administrator server tidak kuat alias memiliki celah rawan. 

4. Server down

Kasus yang satu ini sering menjadi masalah pada komputer server, dimana server mengalami down ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti load yang teralu tinggi pada saat yang bersamaan dari banyak user sehingga membuat resource server berjalan lambat untuk melayani permintaan tersebut. Kemudian server down bisa saja diakibatkan oleh jaringan internet yang tidak stabil pada komputer server, sehingga semua pengguna yang mengaksesnya akan mengalami hal yang sama juga, yaitu mengalami down .

Kerugian Menggunakan Cloud Computing

1. Pengguna harus terhubung ke internet

Dengan mewajibkan pengguna harus terhubung ke internet untuk bisa mengakses server maka tentu saja tidak hanya pengguna harus menyediakan perangkat jaringan internet, melainkan pengguna juga harus membayar biaya internet sesuai dengan yang digunakannya. Tentu ini tidak murah bukan apalagi jika anda melakukan upload dan download data yang besar setiap kali terhubung ke komputer server, tentu saja anda akan mengkonsumsi kuota internet yang besar juga.

2. Biaya untuk penyedia server cloud

Jika anda hanya menyimpan data daam kapasitas kecil dan anda sekedar menggunakan beberapa alikasi di komputer cloud mungkin saja penyedia server tersebut masih memberikan free alias gratis, tapi sebaliknya jika anda menggunakan resource yang lebih besar dari komputer server seperti menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar mungkin saja penyedia layanan server cloud mengharuskan anda berlangganan dan membayar pemakaian anda.

Sumber

http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.html/amp
http://www.patartambunan.com/pengertian-cloud-computing-jenis-cara-kerja-keuntungan-dan-kerugian/
Rangkuman Cloud Computing Teknologi Komputer Berbasis Sistem Cloud Rangkuman Cloud Computing Teknologi Komputer Berbasis Sistem Cloud Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 4/09/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.