Ringkasan Profil Penemu Aljabar

Sumber gambar : hamparan.net

Sejarah

Al Khawarizmi dikenal sebagai Penemu Aljabar dan Angka Nol. Nama Asli dari Al-Khawarizmi ialah Muhammad Ibn Musa al-khawarizmi. beberapa Sumber menegaskan beliau hidup di Khawarism, Usbekistan pada tahun 194H/780M dan meninggal tahun 266H/850M di Baghdad.

AL Khawarizmi merupakan seorang ahli matematika, ahli astronomi serta ahli georgrafi. Hasil pemikirannya yang logis dan sistematis memberikan kontribusi pada ilmu-ilmu tersebut di jamannya. Terutama dalam bidang matematika, ia merupakan satu dari matematikawan besar yang pernah hidup. Dan ia menemukan beberapa cabang serta konsep dasar matematika.

Salah satu karya besarnya yang ia tulis dalam kitab al-Kitab al-mukhtasar fi hisab al-jabr wa'l-muqabala. Kitab yang berisikan analisis sistematik dari persamaan linear dan kuadrat ini menjadikannya diakui dunia sebagai penemu Aljabar. Al-jabr adalah proses memindahkan unit negatif, akar dan kuadrat dari notasi dengan menggunakan nilai yang sama di kedua sisi. Al-muqabala adalah proses memberikan kuantitas dari tipe yang sama ke sisi notasi.

Ia juga penemu dari algoritma. Kata “algoritma” berasal dari latinisasi nama Al-Khawarizmi, sebagaimana tercantum pada terjemahan karyanya dalam bahasa Latin pada abad ke-12, yakni algorithmi de numero Indorum, Awalnya, kata “algorisma”adalah sitilah yang merujuk pada aturan-aturan aritmetis untuk menyelesaikan persoalan menggunakan bilangan numerik Arab. Kemudian, pada abad ke-18, istilah ini berkembang menjadi algortima yang mencakup semua prosedur atau urutan langkah yang jelas dan diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Hal yang pertama ditekankan dalam alur pemikiran untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis adalah alur pikiran. Sehingga, algoritma seseorang bisa berbeda dengan algoritma orang lain, Adapun penekanan kedua adalah tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar atau tabel tertentu.

Sumber

http://www.biografiku.com/2009/01/biografi-al-khawarizmi.html
http://www.kompasiana.com/nohan/al-khawarizmi-dan-karyanya-yang-mendunia_564e4159f07a616f0ebd2dc7
http://infoislamdaily.blogspot.co.id/2013/08/al-khawarizmi-ilmuwan-muslim-penemu.html
Ringkasan Profil Penemu Aljabar Ringkasan Profil Penemu Aljabar Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 12/29/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.