Etika Profesi Sarjana Komputer

Pendahuluan

Kebanyakan orang beranggapan bahwa etika profesional harus dimasukkan sebagai topik dalam kurikulum apapun. Apakah itu dilakukan sebagai pelajaran terpisah atau sebagai unit dalam suatu program, hal itu tidak dipermasalahkan. Untuk sebagian besar masalah pendidik sebenarnya adalah, "Bagaimana cara mengajarkan etika profesional" dalam pelajaran saya? Makalah ini menyarankan beberapa ide untuk pendidik IT untuk membantu mengembangkan rasa perilaku profesional etika pada siswa mereka. Sebuah diskusi singkat tentang latar belakang untuk etika komputer dan kode didirikan etika profesi dan perilaku dalam industri IT, bagaimana merancang dan mengimplementasikan etika komputer ke dalam IT, bagaimana pendidik IT dapat menjadi lebih baik untuk anak didiknya di bidang etika komputer, beberapa saran tentang pengajaran di kelas, serta tugas dan bacaan tentang etika komputer.

Industri dapat menyajikan profesional komputer dengan beberapa pilihan etis yang sangat unik. Professional IT diharapkan untuk membuat pilihan yang benar berdasarkan pelatihan profesional. Sebagian pendidik mungkin agak lalai dalam memberikan pendidikan yang diperlukan dalam etika komputer. Jangan mengabaikan sisi pendidikan siswa Anda, Mari kita memberikan siswa kita latar belakang yang diperlukan untuk menangani masalah etika dalam IT sebelum mereka diuji dengan keadaan yang sebenarnya.

Definisi Etika Profesi

Menurut Brooks (2007), etika adalah cabang dari filsafat yang menyelidiki penilaian normatif tentang apakah perilaku ini benar atau apa yang seharusnya dilakukan. Kebutuhan akan etika muncul dari keinginan untuk menghindari permasalahan – permasalahan di dunia nyata. 

Profesi sendiri berasal dari bahasa latin “Proffesio” yang mempunyai dua pengertian yaitu janji/ikrar dan pekerjaan. Bila artinya dibuat dalam pengertian yang lebih luas menjadi kegiatan “apa saja” dan “siapa saja” untuk memperoleh nafkah yang dilakukan dengan suatu keahlian tertentu. 

Etika Profesi adalah konsep etika yang ditetapkan atau disepakati pada tatanan profesi atau lingkup kerja tertentu, contoh : pers dan jurnalistik, engineering (rekayasa), science, medis/dokter, dan sebagainya.

Macam-macam Profesi Sarjana Komputer

1. Programmer 

Menjadi lulusan teknik informatika erat kaitannya dengan pembuatan program. Membuat program sebagai perangkat lunak dari komputer untuk memudahkan fungsi – fungsi tertentu, menjadi tugas inti dari seorang programmer. Programmer yang dapat bekerja dalam segala bidang kerja ini, baik industri, pertelevisian, perbankan, media, instansi pemerintah, bisnis dan ekonomi, dan lain sebagainya.

2. Software Engineer

Masih terkait dengan program, ada juga profesi software engineer yang bekerja dengan mengembangkan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Mengembangkan software untuk pendidikan untuk bisnis, untuk hiburan, untuk games, dan lain sebagainya.

3. IT Consultant

Dengan menjadi konsultan IT, seorang lulusan teknik informatika dapat menerapkan ilmu – ilmunya secara nyata dalam suatu organisasi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dalam menerapkan teknologi dan informasi di dalamnya.

4. Web Engineer / Web Administrator

Untuk membuat website, tentu haruslah memahami rincian – rincian teori dari pemrograman, yang pada nyatanya hal ini ialah ranah pembelajaran dari lulusan teknik informatika. Ya! Menjadi perancang website lengkap dengan basis domain, fitur, fasilitas dan layanan yang diberikan di dalamnya, menjadi salah satu tugas dari web engineer ataupun web administrator. Selain merancangnya, web engineer atau web administrator juga memiliki tanghung jawab untuk melakukan pemeliharaan dan mengembangkannya lebih luas lagi jika dibutuhkan.

5. System Analyst / System Integrator

Tugas dari seorang system analyst ialah melakukan analisis terhadap sistem atau program yang berbasis teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan atau organisasi. Dari hasil analisis yang didapat, seorang system analyst berusaha menemukan jalan keluar da membuat solusi yang lebih mengedepankan teknologi dengan memanfaatkan software atau perangkat lunak yang direkomendasikannya.

6. Database Engineer / Database Administrator

Database Engineer atau Database Administratorhanya terfokus pada pengembangan basis data saja. Data – data yang terdapat dalam sebuah instansi atau perusahaan, dirancang dan dipelihara sebaik mungkin agar teratur, tidak berantakan sehingga kehilangan ataupun pencurian – pencurian data tidak terjadi.

7. Software Tester

Menguji perangkat lunak dalam arti bertanggung jawab atas kebenarannya serta fungsinya sebagai perangkat lunak yang diciptakan untuk memudahkan seseorang dalam melakukan sesuatu. Kepekaan dan rasa tanggung jawab yang tinggi merupakan bekal utama bagi lulusan Teknik Informatika untuk menjalankaan profesi ini.

8. Game Developer

Mempelajari Teknik Informatika, terkadang juga dibekali dengan keahlian komputer grafis. Dengan adanya perpaduan dari dua keahlian ini, seorang lulusan teknik informatika juga dapat menjadi seorang game developer., membuat dan mengembangkan perangkat lunak untuk multimedia game, merupakan prospek kerja yang cukup menjanjikan bagi lulusan teknik informatika.

9. Computer Network / Data Communication Engineer

Seorang computer network bertugas untuk merancang arsitektur dan pembangunan jaringan. Selain itu, computer engineer juga berperan dalam melakukan perawatan serta pengelolaan jaringan dalam suatu perusahaan. Apapun fungsinya, jaringan sangat penting dalam era teknologi seperti sekarang ini.

10. Intelligent System Developer

Profesi ini bertugas untuk megembangkan perangkat lunak yang bersifat intelejen , seperti sistem pakar, sistem prediksi, dan lain sebagainya.

Peran Sarjana Komputer di Masyarakat

image by https://www.freepik.com/
Profesi Informatika sangat khas, menuntut logika tinggi, dan juga etika tinggi (karena jenjang/tingkatan. Dengan catatan, pengguna komputer pada profesi yang "lain" seperti sekretaris, pegawai administrasi, bahkan seorang insinyur sipil yang menggunakan program komputer tidak dapat disebut berprofesi di bidang Informatika. 

Dapat disimpulkan bahwa sudah saatnya dilakukan Sertifikasi Sumber daya Manusia dalam bidang Rekayasa perangkat Lunak - sesuai dengan standar Internasional yang berlaku. Untuk itu, dalam rangka mendukung kebutuhan sertifikasi Sumber Daya Manusia di Indonesia, disusun suatu usulan tingkatan keahlian Sumber Daya Manusia Informatika dalam bidang Rekayasa Perangkat Lunak.

Kebutuhan akan berbagai tenaga yang khusus tersebut lahir karena dalam pengembangan perangkat lunak yang sesuai Software Engineering, pada setiap tahapan dalam siklus hidup perangkat lunak (Software Life Cycle) akan dilibatkan banyak tahapan dan dokumentasi. Untuk perangkat lunak yang berukuran besar dan komplek akan semakin kompleks pula pengelolaan proyek dan pemeliharaannya.

Pembahasan

Teknologi, Informasi dan Komunikasi bisa menjadi pilar-pilar pembangunan nasional yang bisa mengadaptasi di setiap permasalahan bangsa sebagai contoh menyerap tenaga kerja baru, mencerdaskan kehidupan bangsa dan sebagai alat pemersatu bangsa. Dalam mengaplikasikan ilmunya ataut menjalankan profesi IT bukan mudah dan bukan tidak sukar, yang terpenting adalah kemampuan kita untuk menempatkan diri pada posisis yang benar. Profesi IT dianggap orang lain adalah profesi khusus karena keahlian yang ia miliki maka dari itu kita bisa menentukan tapi dengan ikatan yang jelas. Profesi IT juga bisa dianggap sebagai 2 mata pisau, bagaimana yang tajam bisa menjadikan IT lebih berguna untuk kemaslahatan umat dan mata lainya bisa menjadikan IT ini menjadi bencana sosial, bencana ekonomi maupun krisis kebudayaan yang saat ini sering terjadi yaitu Pembuatan website porno, seorang hacker melakukan pengacakan rekening sebuah bank dan melakukan kebohongan dengan content-content tertentu, dan lain-lain. Kita juga harus bisa menyikapi dengan keadaan teknologi, informasi dan komunikasi saat ini dengan arus besar data yang bisa kita dapat dengan hitungan per detik ataupun dengan kesederhanaan teknologi kita bisa melakukan pekerjaan kita menjadi praktis, tapi kita harus melakukan pembenahan terhadap teknologi sebagai inovasi untuk meringankan maupun memberantas resiko kejamnya teknologi itu sendiri. Dengan membangun semangat kemoralan dan sadar akan etika sebagai orang yang ahli di bidang IT . Tentu saja diharapkan etika profesi semakin dijunjung ketika jenjang pendidikan kita berlatar IT makin tinggi. Sedangkan keahlian dilapangan meningkat seiring banyaknya latihan dan pengalaman. Pada kesempatan saat ini, bagaimana kita bisa menegakan etika profesi seorang teknokrat(sebutan bagi orang yang bekerja di bidang IT) dan bagaimana kita bisa menjadi seorang teknokrat yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Kita harus bisa memberikan inovasi-inovasi pemikiran, gagasan produktif dan aksi nyata untuk perkembangan IT kedepan . Bukan tak mungkin IT akan menjadi hal yang sistematis dalam perkembanagan bangsa kedepan dalam memajukan kegidupan berbangsa maupun bernegara.

Kesimpulan dan Saran

Makalah ini menyajikan pengenalan singkat dan latar belakang tentang masalah etika komputer. Kemudian menyarankan metode yang dapat digunakan untuk menggabungkan topik etika profesional komputer ke dalam pengajaran IT. Makalah ini hanya mewakili ujung gunung es dan disajikan untuk membantu pendidik IT untuk memulai pada subjek etika IT profesional. 

Etika profesional di Komputer dan Sistem Informasi adalah topic yang berkembang dan menuntut untuk didiskusikan dan pengajarann dalam kurikulum sarjana IT. Saat ini peran yang semakin meningkat dari IT dalam semua aspek masyarakat kita memerlukan professional IT yang siap untuk membuat keputusan etis. Keputusan ini memiliki banyak jangkauan lebih jauh daripada individu lainnya, professional IT harus siap untuk menangani tanggung jawab yang berdampak pada masyarakat.

Dengan demikian, peran individu IT menjadi lebih penting, sebagai hasilnya Mengajar etika komputer di dalam kelas tidak bisa lagi dianggap sebagai topik opsional. Masyarakat menuntut bahwa masa depan professional IT siap untuk menganalisis masalah yang kompleks yang mereka dihadapi dan membuat keputusan etis yang tepat. Ini adalah kewajiban dari anggota fakultas IT untuk membantu melatih para siswa supaya siap untuk tanggung jawab ini.
Etika Profesi Sarjana Komputer Etika Profesi Sarjana Komputer Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 5/03/2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.