Review Paper Perancangan Enterprise Architecture Fungsi Human Resources Development Dan Pengadaan Barang Menggunakan Framework TOGAF ADM Pada Pt. Herona Express

Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat memiliki pengaruh besar pada perusahaan dalam menjalankan proses bisnisnya. Namun bagaimana cara pengaplikasian teknologi informasi dalam suatu perusahaan sehingga dapat mempengaruhi perusahaan tersebut telah mencapai visi, misi atau tujuan strategisnya. Keberhasilan suatu perusahaan hanya akan diraih jika perusahaan memliki strategi bisnis yang baik dan didukung dengan teknologi informasi.
Pada PT. Herona Express yang merupakan perusahaan dibidang jasa pelayanan pengiriman barang melalui kereta api dan truck box. Pada fungsi Human Resources Development permasalahan yang terjadi yaitu semakin banyaknya pegawai perusahaan dengan total jumlah pegawai mencapai 650 orang, kegiatan bisnis yang kurang efektif  dan efisien terkait proses penggajian pegawai, penilaian kinerja, perekturan pegawai, dan pengajuan izin cuti pegawai memungkinkan terjadinya redudancy data, tempat penyimpanan data yang kurang terpusat, dan kegiatan bisnis yang kurang optimal, maka diperlukan keselarasan antara SI dan TI. Pada fungsi pengadaan barang tidak adanya management pengadaan barang perusahaan.

Tujuan Penelitian

Penelitian ini berfokus pada rancangan enterprise architecture (EA) terkait data architecture, business architecture, technology architecture dan application architecture. Analisis dan perancangan enterprise architecture menggunakan framework TOGAF ADM. TOGAF ADM merupakan metode yang digunakan untuk merancang enteprise archiecture. Proses perancangan menggunakan TOGAF ADM terdiri dari tahapan-tahapan yang dibutuhkan dalam pengembangan arsitektur enterprise. Hasil dari perancangan berupa model bisnis target yang diusulkan dan artefak dari masing-masing tahapan mulai dari Preliminary Phase sampai Technology Architecture. Perancangan EA diharapkan dapat mengatasi permasalahan.
Sumber Gambar: https://www.visual-paradigm.com/guide/togaf/togaf-adm-tutorial/

Perumusan Masalah

Permasalahan pada proses bisnis di PT. Herona Express masih belum mengimplementasikan teknologi informasi untuk menunjang proses bisnisnya. Permasalahan Human Resources Development (HRD) dan pengadaan barang yang terjadi di PT. Herona Express yaitu:
1. Berkas-berkas data kepegawaian masih belum terpusat sehingga menyebabkan kurangnya koordinasi dalam pelaporan data kepegawaian.
2. Pelaporan data pegawai masih di tulis secara manual seperti laporan kerja harian kepegawaian sehingga memungkinkan terjadi redudansi data sehingga mengakibatkan pemborosan media penyimpanan.
3. Tidak adanya SOP yang diterapkan perusahaan pada pegawai terkait kehadiran pegawai, kedisiplinan, dan pelaksanaan pekerjaan.
4. Tidak adanya pelatihan kepada pegawai baru sehingga mengakibatkan produktivitas kerja kurang maksimal.
5. Pencatatan barang gudang masih dilakukan secara manual sehingga akan produktivitas kerja kurang efisien.
6. Permohonan ijin cuti masih dilakukan secara manual dengan mengajukan surat cuti pegawai.

Metodologi Penelitian

Pada penelitian ini menggunakan 2 metodologi yaitu Model Konseptual dan Sistematika Penulisan:
1. Model konseptual adalah sebuah gambaran dari suatu masalah yang dijelaskan melalui sekumpulan  konsep dan dirangkaikan berdasarkan aspek hipotesis dan teoritis. Model konseptual juga memberikan keteraturan untuk berfikir, mengamati apa yang dilihat dan memberikan arah riset untuk menunjukkan suatu pemecahan masalah.
2. Sistematika penelitian ini dirancang sebagai usulan yang dibuat secara ringkas dalam bentuk diagram dengan alur yang jelas dan menggambarkan aspek-aspek yang akan dilakukan dalam penelitian ini.

Hasil dan Pembahasan

Hasil  analisis  dan  perancangan  model  bisnis  dan  Enterprise  Architecture menggunakan Framework TOGAF ADM pada  fungsi  Human  Resources Development dan pengadaan barang pada penelitian ini, sebagai berikut:
1. Pada fase primelinary menghasilkan prinsip-prinsip utama yang akan dijadikan target dalam rancangan enterprise architecture pada fungsi Human Resources Development dan pengadaan barang mulai dari domain bisnis, data, aplikasi, dan teknologi.
2. Pada fase vision architecture menghasilkan artifak value chain management, solution concept diagram, stakeholder map matrix dan struktur organisasi target.
3. Pada fase business architecture menghasilkan artefak-artefak yang memperjelas target enterprise architecture pada fungsi Human Resources Development dan pengadaan barang terkait penilaian kinerja, evaluasi kerja, pemberian reward pegawai, perekrutan, penggajian dan manajemen pengadaan barang.
4. Pada fase informastion system architecture menghasilkan terdiri dari dua domain yaitu data architecture dan application architecture. Data architecture menghasilkan artifak yang menjelaskan entitas data yang ada pada fungsi Human Resources Development dan pengadaan barang. Application architecture menghasilkan artifak yang menjelaskan aplikasi yang digunakan untuk mendukung kegiatan bisnis perusahaan beruapa aplikasi HRD, aplikasi pengadaan barang, dan website Herona Express.
5. Pada fase technology architecture menghasilkan artefak-artefak yang menjelaskan penggunaan teknologi untuk mendukung setiap layanan bisnis dan mengintegrasikan seluruh aplikasi internal perusahaan.

Kesimpulan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terdapat beberapa kesimpulan yang dapat diberikan adalah sebagai berikut:
1. Hasil dari perancangan enterprise architecture pada fungsi Human Resources Development dan pengadaan barang dapat dijadikan dasar bagi perusahaan untuk mendukung kegiatan bisnis diperusahaan.
2. Dengan adanya ketersediaan data yang lengkap maka akan sangat membantu peneliti dalam melakukan pengembangan penelitian selanjutnya.

Informasi Paper

Judul: Perancangan Enterprise Architecture Fungsi Human Resources Development Dan Pengadaan Barang Menggunakan Framework TOGAF ADM Pada Pt. Herona Express
Ditulis oleh: Hendrik Hendriana Firmansyah (hhendrianaf@gmail.com), Yuli Adam Prasetya (y.adam.prasetya@gmail.com), Basuki Rahmad (basuki@transforma.co.id)
Kata Kunci: Enterprise Architecture, TOGAF ADM, Aplikasi Internal dan website, PT. Herona Express
Diambil dari: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id
Review Paper Perancangan Enterprise Architecture Fungsi Human Resources Development Dan Pengadaan Barang Menggunakan Framework TOGAF ADM Pada Pt. Herona Express Review Paper Perancangan Enterprise Architecture Fungsi Human Resources Development Dan Pengadaan Barang Menggunakan Framework TOGAF ADM Pada Pt. Herona Express Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 3/17/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.