Implementasi Array pada Shell Programming

Shell programming 

merupakan kumpulan dari beberapa perintah shell yang melakukan tugas sesuai dengan tujuan. Kelebihan shell di linux dibanding sistem operasi lain adalah bahwa shell di linux memungkinkan kita untuk menyusun serangkaian perintah seperti halnya bahasa pemrograman (interpreter language), melakukan proses I/O, menyeleksi kondisi, looping, membuat fungsi, dsb. adalah proses - proses yang umumnya dilakukan oleh suatu bahasa pemrograman, jadi dengan shell di linux kita dapat membuat program seperti halnya bahasa pemrograman, untuk pemrograman shell pemakai unix atau linux menyebutnya sebagai script shell.

Array 

merupakan sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan nama yang sama. Array memungkinkan untuk menyimpan data maupun referensi objek dalam jumlah banyak dan terindeks. Dalam shell programming array dapat di definisikan dengan cara memberikan index kepada suatu variable, misalnya “nomor[$z]” artinya variable nomor dengan index z. array memiliki 3 jenis yaitu:
1. Array satu dimensi, hanya memiliki satu indeks.
2. Array dua dimensi, memiliki dua indeks.
3. Array multi dimensi, memiliki lebih banyak indeks, array dua dimensi juga termasuk array multi dimensi.

Berikut adalah tutorial implementasi arrat pada shell programming

1. Pertama buat file dengan cara nano bbm,
perintah nano bbm

2. Kemudian isi file dengan code(untuk source lengkapnya klik disini), kemudian simpan dengan cara menekan ctrl+x, kemudian ketik y dan enter.
file bbm

3. Kemudian berikan hak akses pada file bbm tersebut.
perintah chmod 755

4. Terakhir jalankan file dengan cara “./bbm”.
perintah ./bbm

Baca Juga Sistem Informasi BBM(Shell Programming)
Implementasi Array pada Shell Programming Implementasi Array pada Shell Programming Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 8/10/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.