RINGKASAN Database NoSQL: Langkah Untuk Skalabilitas Database Dalam Lingkungan Web

(International Journal of Web Information Systems 

PENGERTIAN     

NoSQL merupakan singkatan Not Only SQL, dan menurut beberapa sumber NoSQL adalah sebuah konsep mengenai penyimpanan data non-relasional. Berbeda dengan model basis data relasional yang selama ini digunakan, NoSQL menggunakan beberapa metode yang berbeda-beda. Metode ini bergantung dari jenis database yang digunakan. Dalam jurnal ini disajikan berbagai pendekatan untuk database NoSQL, yaitu fitur dari model query mereka yang menekankan pada penggunaannya dalam arsitektur cloud.
https://ismiazahra.files.wordpress.com/2016/03/nosql-1.jpg?w=460

PERKEMBANGAN 

Untuk sekarang database NoSQL masih jauh dari teknologi database terbaru dan mereka tidak akan menggantikan DBMS relasional tradisional. Pada tahun 2010 Leavitt mengutip pendapat dari beberapa orang narasumber yang sukses dan perusahaan IT yang naik secara signifikan. Mereka memanfaatkan NoSQL dalam konteks dari penggunaan berbagai database dengan cara aplikasi berorientasi, adopsi yang lebih luas terutama dalam proyek-proyek khusus yang melibatkan data yang tidak terstruktur besar yang didistribusikan dengan persyaratan yang berskala tinggi. Beberapa pendapat bahkan terlihat meragukan. Penyimpanan data dari NoSQL tidak akan bersaing dengan database relasional yang mewakili investasi besar dan terutama keandalan dan teknologi yang matang.
Menurut ReadWriteWeb yang diposting oleh Audrey Watters, 44 persen dari pengguna enterprise mempertanyakan belum pernah mendengar tentang NoSQL dan tambahan 17 persen tidak tertarik pada tahun 2010. Hal ini telah menunjukkan bahwa karena skala horisontal tidak mungkin untuk mencapai hanya ACID properti. Namun, itu tidak berarti, bahwa setiap penyimpanan setuju untuk tidak menambahkan fitur ini. arsitektur lain dari komputasi awan menggunakan skala horisontal, melestarikan ACID dan database yang toleran jelas akan memerlukan penelitian lainnya. Sistem seperti itu bahkan terjadi dalam praktek. Rick Cattell pada tahun 2010 memberikan pengenalan yang baik untuk DBMS scalable berdasarkan arsitektur tradisional. Misalnya, relasional DBMS MySQL Cluster, VoltDB dan Clustrix termasuk dalam kategori ini. Persyaratan ini tercermin dalam tren baru (dari April 2011) yang menunjukkan generasi berikutnya dari RDBMS yang sangat scalable dan elastis sebagai database NewSQL.

SIFAT-SIFAT 

Berikut adalah beberapa sifat dari database NoSQL:
  • mereka dirancang untuk skala horizontal pada mesin apa-apa bersama;
  • tetap memberikan ACID jaminan;
  • aplikasi berinteraksi dengan database terutama menggunakan SQL;
  • sistem menggunakan skema kontrol concurrency kunci bebas untuk menghindari pengguna penutupan; dan
  • sistem menyediakan kinerja yang lebih tinggi daripada yang tersedia dari sistem tradisional. Juga sistem hibrida dengan beberapa toko data yang umumnya didasarkan pada prinsip-prinsip yang berbeda diharapkan menjadi tren di masa depan.
Misalnya, sudah disebutkan Voldemort adalah hibrida dengan MySQL sebagai salah satu backend penyimpanan. Mengingat data dari NoSQL sebagai data semi terstruktur, bisa jadi cocok untuk mewakili sebagai data XML dalam kolom XML diketik pada tingkat logis dan untuk mengaksesnya dengan bahasa SQL / XML dalam pendekatan hybrid. Jelas, pendekatan seperti itu akan bermanfaat terutama bagi perusahaan (cloud) computing.
RINGKASAN Database NoSQL: Langkah Untuk Skalabilitas Database Dalam Lingkungan Web RINGKASAN Database NoSQL: Langkah Untuk Skalabilitas Database Dalam Lingkungan Web Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 5/31/2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.