Perancangan Sistem Informasi Apotek

Latar Belakang 

Era persaingan bebas saat ini, kecepatan pengolahan dan penyampaian informasi memiliki peran yang sangat penting bagi setiap perusahaan, terutama  pada perusahaan-perusahaan yang memiliki tingkat rutinitas yang tinggi dan memiliki data yang harus diolah. Banyaknya data maupun informasi yang harus diolah tidak memungkinkan dilakukan dengan menggunakan cara-cara manual. Pengolahan data yang jumlahnya sangat banyak memerlukan suatu alat bantu yang memiliki tingkat kecepatan perhitungan dan penyampaian data yang tinggi.  Alat bantu tersebut berupa perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). 

Apotek merupakan salah satu tempat pelayanan kesehatan, yang menyediakan obat bebas, obat resep yang diperlukan masyarakat dalam membantu mewujudkan tercapainya kesehatan. Kemudahan, kecepatan dan kepuasan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan menjadi hal yang sangat penting dalam usahanya memperoleh keuntungan. Oleh karena itu dibutuhkan rancangan sistem yang dapat memberikan informasi yang cepat dan tepat. Dan juga sistem yang dapat teproses secara akurat

Sistem informasi pada apotek dapat membantu memudahkan para pegawai apotek dan para masyarakat yang ingin membeli obat. Nantinya masyarakat dapat mengecek persediaan obat dalam suatu apotek. Sehingga masyarakat dapat mengecek persediaan obat tanpa datang ke apotek. Hal itu dapat membuat waktu untuk pergi ke apotek dan mengecek obat. Sedangkan bagi pegawai apotek sistem informasi tersebut dapat memudahkan pegawai untuk mengelola obat dan keuangan. Mengelola pemasukan dan pengeluaran obat serta pemasukan dan pengeluaran uang pada apotek. 

Tujuan 

Membangun suatu system database yang didukung oleh software yang handal dan dibangun dengan fasilitas untuk mengolah data obat di apotek, dan membuat laporan yang sesuai.

Memperbaiki kinerja system database dari sebuah apotek yang mungkin masih manual, sehingga membutuhkan waktu lama sehingga menjadi sebuah informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan.

Memanfaatkan teknologi dan informasi sehingga memudahkan pembeli obat untuk mencari dan membeli obat tanpa datang ke lokasi apotek. Sehingga menghemat waktu dan efisiensi waktu.

Menggunakan sistem informasi untuk mengelola data pada apotek. Seperti pemasukan apotek atau pun pengeluaran apotek. 

Manfaat

Mempercepat proses penginputan data di kasir, dan pengolahannya. Sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memproses data pada waktu perhitungan di kasir.

Sistem database juga menyediakan proses otomatisasi dalam beberapa hal, seperti misalnya data obat, data pegawai,dan data supplier. Data obat, data pegawai, dan data suplier dapat tersimpan di database server apotek sehingga tidak dibutuhkan lagi pengisian data ketika akan memasukkan data. 

Sasaran 

Pegawai Apotek, sistem informasi apotek memudahkan pegawai untuk mengelola data pada yang ada pada apotek sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengelola data serta membuat data lebih akurat dengan menggunakan sistem informasi.

Masyarakat, masyarakat dapat mengetahui daftar persediaan obat secara online tanpa datang ke apotek. 

Landasan Teori 

1.    XAMPP

XAMPP (play /ˈzæmp/ atau /ˈɛks.æmp/) adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program.

Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

XAMPP adalah singkatan yang masing-masing hurufnya adalah:
X: Program ini dapat dijalankan dibanyak sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.
A: Apache, merupakan aplikasi web server. Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan,maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.
M: MySQL, merupakan aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database.
P: PHP, bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQl. namun PHP juga mendukung sistem manajement database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya.
P: Perl, bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows,PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. 

2.    MySQL

MySQL adalah sebuah perangkat lunak system manajemen basis data SQL (DBMS) yang multithread, dan multi-user. MySQL adalah implementasi dari system manajemen basisdata relasional (RDBMS). MySQL dibuah oleh TcX dan telah dipercaya mengelola system dengan 40 buah database berisi 10.000 tabel dan 500 di antaranya memiliki 7 juta baris.

MySQL AB merupakan perusahaan komersial Swedia yang mensponsori dan yang memiliki MySQL. Pendiri MySQL AB adalah dua orang Swedia yang bernama David Axmark, Allan Larsson dan satu orang Finlandia bernama Michael “Monty”. Setiap pengguna MySQL dapat menggunakannya secara bebas yang didistribusikan gratis dibawah lisensi GPL(General Public License) namun tidak boleh menjadikan produk turunan yang bersifat komersial.

Pada saat ini MySQL merupakan database server yang sangat terkenal di dunia, semua itu tak lain karena bahasa dasar yang digunakan untuk mengakses database yaitu SQL. SQL (Structured Query Language) pertama kali diterapkan pada sebuah proyek riset pada laboratorium riset San Jose, IBM yang bernama system R. Kemudian SQL juga dikembangan oleh Oracle, Informix dan Sybase. Dengan menggunakan SQL, proses pengaksesan database lebih user-friendly dibandingan dengan yang lain, misalnya dBase atau Clipper karena mereka masih menggunakan perintah-perintah pemrograman murni.

SQL dapat digunakan secara berdiri sendiri maupun di lekatkan pada bahasa pemograman seperti C, dan Delphi. 

3.    Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver adalah aplikasi desain dan pengembangan web yang menyediakan editor WYSIWYG visual (bahasa sehari-hari yang disebut sebagai Design view) dan kode editor dengan fitur standar seperti syntax highlighting, code completion, dan code collapsing serta fitur lebih canggih seperti real-time syntax checking dan code introspection untuk menghasilkan petunjuk kode untuk membantu pengguna dalam menulis kode. Tata letak tampilan Design memfasilitasi desain cepat dan pembuatan kode seperti memungkinkan pengguna dengan cepat membuat tata letak dan manipulasi elemen HTML. Dreamweaver memiliki fitur browser yang terintegrasi untuk melihat halaman web yang dikembangkan di jendela pratinjau program sendiri agar konten memungkinkan untuk terbuka di web browser yang telah terinstall. Aplikasi ini menyediakan transfer dan fitur sinkronisasi, kemampuan untuk mencari dan mengganti baris teks atau kode untuk mencari kata atau kalimat biasa di seluruh situs, dan templating feature yang memungkinkan untuk berbagi satu sumber kode atau memperbarui tata letak di seluruh situs tanpa server side includes atau scripting. Behavior Panel juga memungkinkan penggunaan JavaScript dasar tanpa pengetahuan coding, dan integrasi dengan Adobe Spry Ajax framework menawarkan akses mudah ke konten yang dibuat secara dinamis dan interface.

Dreamweaver dapat menggunakan ekstensi dari pihak ketiga untuk memperpanjang fungsionalitas inti dari aplikasi, yang setiap pengembang web bisa menulis (sebagian besar dalam HTML dan JavaScript). Dreamweaver didukung oleh komunitas besar pengembang ekstensi yang membuat ekstensi yang tersedia (baik komersial maupun yang gratis) untuk pengembangan web dari efek rollover sederhana sampai full-featured shopping cart. Dreamweaver, seperti editor HTML lainnya, edit file secara lokal kemudian diupload ke web server remote menggunakan FTP, SFTP, atau WebDAV. Dreamweaver CS4 sekarang mendukung sistem kontrol versi Subversion (SVN). 

4.    Notepad++

Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman.

Notepad++ didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Proyek ini dilayani oleh Sourceforge.net dengan telah diunduh lebih dari 27 juta kali dan dua kali memenangkan penghargaan SourceForge Community Choice Award for Best Developer Tool. 

5.    HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa). 

6.    PHP

PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.

Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.

Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.

Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.

Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek. 

Perancangan Sistem 

1.    Membuat ERD

ERD atau Entity Relationship Diagram merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi. ERD dapat digunakan untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol.
Gambar 1.0 rancangan ERD

2.    Membuat database dan tabel

Setelah membuat ERD selanjutnya buat database dan juga tabelnya. Database atau pangkalan data merupakan kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Dalam suatu database biasanya terdiri dari beberapa tabel yang berisi beberapa field.

Berikut beberapa tabel yang dibuat : 

a. Tabel m_suplier

Coloumn Name
Data Type
Length
Default
PK
Not Null
Id
Char
4

V
V
Nama
Varchar
20


V
Alamat
Varchar
50


V
Kota
Varchar
20


V
Telp
Varchar
20


V
Tabel 1.0 tabel m_suplier
(digunakan untuk menyimpan data suplier obat)

b. Tabel m_obat

Coloumn Name
Data Type
Length
Default
PK
Not Null
Id
Char
4

V
V
Nama
Varchar
20


V
Tipe
Char
4


V
Kategori
Char
4


V
Tgl_exp
Date



V
hrg_beli
Double



V
hrg_jual
Double



V
id_suplier
Char
4


V
Stok
Double



V
Tabel 1.1 m_obat
(digunakan untuk menyimpan data obat)

c. Tabel kategori_obat


Coloumn Name
Data Type
Length
Default
PK
Not Null
Auto Incr
Id
Int
4

V
V
V
Kategori
Varchar
50


V

Tabel 1.2 kategori_obat
(digunakan untuk menyimpan kategori obat, misal : obat sakit kepala)

d. Tabel tipe_obat

Coloumn Name
Data Type
Length
Default
PK
Not Null
Auto Incr
Id
int
4

V
V
V
Tipe
varchar
20


V

Tabel 1.3 tipe_obat
(digunakan untuk menyimpan tipe obat : misal : sirup)

e. Tabel m_pgw

Coloumn Name
Data Type
Length
Default
PK
Not Null
Id
Int
4

V
V
Nama
Varchar
20


V
jns_kel
Varchar
10


V
tempat_lahir
Varchar
20


V
tgl_lahir
Date



V
Alamat
Varchar
50


V
Telp
Varchar
20


V
Bagian
Char
4


V
Tabel 1.4 m_pgw
(digunakan untuk menyimpan data pegawai)

f. Tabel bagian_pgw

Coloumn Name
Data Type
Length
Default
PK
Not Null
Auto Incr
Id
int
4

V
V
V
nama_bagian
varchar
20


V

Tabel 1.5 bagian_pgw
(digunakan untuk menyimpan bagian pegawai, misal : kasir)

g. Tabel user

Coloumn Name
Data Type
Length
Default
PK
Not Null
Id_pgw
Char
4

V
V
Username
Varchar
20


V
Password
Varchar
255


V
Tabel 1.6 user
(digunakan untuk menyimpan username dan password pegawai untuk login ke sistem informasi)

h. Tabel penjualan

Coloumn Name
Data Type
Length
Default
PK
Not Null
Auto Incr
Id
int
11

V
V
V
nama_pembeli
varchar
20


V

id_obat
char
4


V

Jumlah
double



V

tgl_jual
date
20


V

id_pgw
char
4


V

Tabel 1.7 penjualan
(digunakan untuk menyimpan data penjualan obat)

3.    Membuat form 

Setelah kita membuat tabel selanjutnya adalah kita harus membuat form. Form adalah sebuah dokumen web yang digunakan untuk menginput tabel secara web. Berikut beberapa form yang dibuat :

a)    Form Login

Gambar 2.0 form login

b)    Form Ganti Password

Gambar 2.1 form ganti password

c)    Form Ganti Username

Gambar 2.2 form ganti username

d)    Form Data Pegawai

Gambar 2.3 form data pegawai

e)    Form Data Obat

Gambar 2.4 form data obat

f)     Form Data Suplier

Gambar 2.5 form data suplier

g)    Form Data Penjualan

Gambar 2.6 form data penjualan

4.    Menggabungkan form dengan tabel dan database 

Setelah selesai membuat semua form dan tabel. Selanjutnya adalah menghubungkan form dengan database. Untuk menghubungkan form dengan database diperlukan file koneksi.php yang berisi :
<?php
$host = "localhost";
$user = "root";
$pass = "";
$database = "apotek";

$conn = mysql_connect($host, $user, $pass);
if ($conn)
{
            $buka = mysql_select_db ($database);
            if (!$buka)
            {
            die ("Database tidak dapat dibuka");
            }
}
else
{
die ("Server MySQL tidak terhubung");
}
?>

Setelah itu buat index.php untuk halaman utama. Halaman ini digunakan sebagai tampilan awal ketika membuka halaman sistem informasi ini. Halaman indeks ini juga berfungsi sebagai tempat untuk meng include form-form yang sudah dibuat. Kemudian halan login.php digunakan untuk login pegawai. Halaman ini digunakan untuk membatasi akses user yang login, misalnya pegawai bagian kasir memiliki menu yang berbeda dengan pegawai yang ada di bagian apoteker.kemudian file logout.php, file ini digunakan untuk mengeluarkan pegawai dari sistem informasi. Kemudian file menu.php, digunakan sebagai navigasi untuk mengantakan kita ke menu yang telah disediakan.

Kesimpulan 

Pengembangan Sistem Informasi Persediaan Obat dapat memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi Apotek dengan  membangun sebuah aplikasi yang dapat mempermudah menginputkan data obat , pengecekan stok obat, meminimalisir kesalahan akibat adanya proses penyesuaian antara laporan yang sudah terkomputerisasi dan rekapitulasi. Dengan mengintegrasikan pembelian dan penjualan. sehingga mempermudah dalam pengolahan data dan mempercepat pelayanan terhadap konsumen. Sistem informasi apotek ini juga dapat mempermudah pekerjaan pegawai apotek.

Daftar Pustaka 

Wikipedia. (2014, 18 Maret). Notepad++ . Diperoleh 1 Desember 2015, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Notepad%2B%2B 
Wikipedia. (2015, 5 Mei). XAMPP . Diperoleh 1 Desember 2015, dari https://id.wikipedia.org/wiki/XAMPP 
Wikipedia. (2015, 15 Oktober). HTML . Diperoleh 1 Desember 2015, dari https://id.wikipedia.org/wiki/HTML 
Wikipedia. (2015, 29 Oktober). Adobe Dreamweaver . Diperoleh 1 Desember 2015, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Dreamweaver 
Wikipedia. (2015, 28 November). Sejarah PHP . Diperoleh 1 Desember 2015, dari https://id.wikipedia.org/wiki/PHP 
Wikipedia. (2015, 29 November). MySQL . Diperoleh 1 Desember 2015, dari https://id.wikipedia.org/wiki/MySQL

Perancangan Sistem Informasi Apotek Perancangan Sistem Informasi Apotek Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 12/01/2015 Rating: 5

5 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.