5 Bahasa Pemrograman Wajib Dipelajari

Sektor teknologi sedang berkembang pesat, penggunaan smartphone dan komputer tidak bisa dihindari lagi dalam urusan pekerjaan, hiburan, dan banyak bidang kehidupan lainnya. Hal ini menyebabkan keterampilan pengkodean sangat diminati, dengan pekerjaan pemrograman semakin dibutuhkan, bahkan di luar dunia teknologi, pemahaman tentang setidaknya satu bahasa pemrograman dapat menjadikan sebuah nilai tambah untuk resume. Bahasa pemrograman yang digunakan berbeda-beda menurut sektor pekerjaan, untuk sistem keuangan dan perusahaan perlu menjalankan fungsi yang rumit dan tetap sangat terorganisir, membutuhkan bahasa seperti Java dan C #. Halaman web dan perangkat lunak terkait media dan desain akan membutuhkan bahasa yang dinamis, serba guna, dan fungsional dengan kode minimal, seperti Ruby, PHP, JavaScript, dan Objective-C. Untuk itu mikamerah telah menyusun daftar 5 bahasa pemrograman yang paling dicari dan baik dipelajari untuk pemula.

Sumber Gambar: https://www.freepik.com
 

1. C Language  

Sumber Gambar: https://en.wikipedia.org
 
Secara umum bahasa pemrograman imperatif dikembangkan pada awal tahun 70-an, bahasa C adalah bahasa tertua dan paling banyak digunakan, menyediakan blok bangunan untuk bahasa populer lainnya, seperti C #, Java, JavaScript, dan Python. C banyak digunakan untuk mengimplementasikan sistem operasi dan aplikasi yang disematkan. Karena bahasa C memberikan dasar untuk banyak bahasa lain, disarankan untuk mempelajari C (dan C ++) sebelum melanjutkan ke bahasa lain.
Aplikasi yang digunakan: Eclipse, Code::Blocks, Dev C++.
Tempat mempelajarinya: Coursera, Solo Learn, Hackr.io.
 

2. Java

Sumber Gambar: https://www.slideshare.net/
 
Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek berbasis kelas yang dikembangkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1990an. Java merupakan satu bahasa pemrograman yang paling banyak diminta sebagai standar untuk perangkat lunak perusahaan, konten berbasis web, game dan aplikasi seluler, serta sistem operasi Android. Java dirancang untuk bekerja di berbagai platform perangkat lunak, yang berarti program yang dibuat di Mac OS X juga dapat berjalan di Windows.
Aplikasi yang digunakan: Netbeans, Eclipse, JCreator.
Tempat mempelajarinya: W3school, SoloLearn, Udemy.
 

3. PHP

Sumber Gambar: https://medium.com
 
PHP (Hypertext Processor) adalah bahasa skrip sisi server gratis yang dirancang untuk situs web dinamis dan pengembangan aplikasi. PHP dapat langsung disematkan ke dalam dokumen HTML serta dapat juga disematkan secara eksternal, yang membuatnya menjadi bahasa pemrograman yang populer untuk pengembang web. PHP mendukung lebih dari 200 juta situs web, termasuk Wordpress, Digg, dan Facebook.
Aplikasi yang digunakan: PHPStorm, Netbeans, Visual Studio Code.
Tempat mempelajarinya: W3school, SoloLearn, Udemy.
 

4. JavaScript

Sumber Gambar: https://morioh.com/
 
JavaScript adalah bahasa skrip sisi klien dan server yang dikembangkan oleh Netscape yang sebagian besar sintaksnya berasal dari C. JavaScript dapat digunakan di beberapa browser web dan dianggap penting untuk mengembangkan fungsi web interaktif atau animasi. Javascript juga digunakan dalam pengembangan game dan aplikasi desktop. JavaScript juga digunakan pada ekstensi Google Chrome, ekstensi Safari Apple, Adobe Acrobat Reader, dan Adobe Creative Suite.
Aplikasi yang digunakan: Web Browser (Google Chrome, Firefox, Opera, dll), Teks Editor (Atom, Notepad++, Sublime, dll).
Di mana mempelajarinya: Codecademy, W3school, FreeCodeCamp.
 

5. SQL

Sumber Gambar: https://gatlabs.com

Structured Query Language (SQL) adalah bahasa tujuan khusus untuk mengelola data dalam sistem manajemen basis data relasional. SQL paling sering digunakan dalam bentuk "Query" yang mencari database informasional. SQL distandarisasi oleh American National Standards Institute (ANSI) dan Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) pada tahun 1980-an.
Aplikasi yang digunakan: PHPMyAdmin, MySQL Workbench, DBVisualizer.
Tempat mempelajarinya: Codecademy, BitDegree, edX.
 

Kesimpulan

Setiap bahasa pemrograman memiliki fungsinya masing-masing misalnya bahasa C dan java bisa digunakan dalam pemrograman desktop, untuk pemrograman mobile java merupakan bahasa yang banyak digunakan, sedangkan untuk pemrograman web bahasa yang digunakan adalah PHP dan Javascript, sedangkan SQL digunakan sebagai penghubung aplikasi dengan database.

5 Bahasa Pemrograman Wajib Dipelajari 5 Bahasa Pemrograman Wajib Dipelajari Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 8/29/2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.