Modul PHP: Membuat Halaman Produk Sesuai Kategori

Menampilkan data merupakan fitur dasar yang digunakan untuk menunjukkan data yang tersimpan dalam database kepada pengguna atau pengunjung website. Fitur ini berkaitan dengan informasi yang akan disajikan oleh website kepada pengunjung. Dalam menampilkan data juga dapat dibuat berdasarkan kategori data sesuai dengan apa yang diinginkan oleh user. 

Langkah-langkah

1. Buat database untuk menyimpan data produk dan data kategori produk.
2. Buat halaman untuk menampilkan produk.
3. Buat class untuk menampilkan produk.
4. Buat class untuk menampikan kategori produk

Pembahasan

1. Buat tabel untuk menyimpan data produk dan kategori produk.

struktur tabel produk.

struktur tabel kategori produk.

Kemudian isi tabel produk dan kategori produk dengan beberapa data dummy. Perlu diperhatikan untuk mengisi id kategori pada tabel produk dengan id yang ada pada tabel kategori produk, karena jika id kategori tidak sesuai maka pada saat ditampilkan maka kategori produk akan kosong.

tampilan tabel produk.

tampilan tabel kategori produk.

2. Buat halaman untuk menampilkan produk. Dalam halaman ini yang terpenting adalah dapat menampilkan semua data produk dengan jelas, serta terdapat pilihan untuk memilih kategori produk, sehingga pengunjung dapat memilih produk sesuai dengan kategori yang tersimpan pada database.

3. Buat class untuk menampilkan produk. Dalam class ini terdapat beberapa fungsi yaitu: untuk menampilkan semua data produk, untuk menampilkan data produk berdasarkan kategori, kemudian untuk menampilkan format rupiah pada angka.

4. Buat class untuk menampilkan kategori produk. Dalam class ini terdapat dua fungsi yaitu: untuk menampilkan semua data kategori dan untuk menampilkan nama kategori berdasarkan id.

Source Code


produk.php

kategori.php

koneksi.php

index.php

Struktur File


struktur file.

Hasil


tampilan halaman produk.

tampilan halaman produk kategori elektronik.

Kesimpulan

Untuk menampilkan semua data produk menggunakan fungsi yang ada pada class produk yang kemudian disimpan pada variabel array. Variabel tersebut kemudian akan di loop sesuai dengan jumlah index yang tersimpan kemudian di tampilkan pada halaman produk. Untuk menampilkan produk berdasarkan kategori bisa diimplementasikan menggunakan variabel GET, dengan cara mengirimkan id kategori pada variabel GET, sehingga ketika terdapat variabel GET yang menyimpan id kategori maka program akan memanggil fungsi untuk menampilkan produk berdasarkan kategori.

Modul PHP: Membuat Halaman Produk Sesuai Kategori Modul PHP: Membuat Halaman Produk Sesuai Kategori Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 7/07/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.