Modul PHP: Membuat Form Registrasi

Registrasi merupakan fitur yang sangat penting untuk sebuah website, karena fitur ini dapat digunakan untuk pengunjung website melakukan pendaftaran kemudian memiliki username dan password yang terdaftar untuk dapat mengakses website lebih lanjut. Dalam form registrasi yang paling penting adalah terdapat username dan password, kemudian untuk data-data lain seperti email, tanggal lahir, telpon, dll. merupakan opsi tambahan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh website. Dalam bebrapa website username yang digunakan berupa email dari pengunjung hal tersebut dapat dilakukan karena setiap email tidak mungkin sama.

Langkah-langkah

1. Buat database untuk menyimpan data registrasi
2. Buat form untuk menginputkan data registrai
3. Buat fungsi untuk menyimpan data registrasi

Pembahasan

1. Buat database dengan nama "db_tutor" kemudian tambahkan tabel dengan nama "tb_user".

Struktur tabel tb_user.

Kolom "id" merupakan primary key serta memiliki auto increment yang berarti akan diisi otomatis oleh database. Kolom "username" memiliki unique yang berarti tidak boleh ada yang sama pada setiap data.

2. Buat form sesuai dengan database yang sudah dibuat. Dalam pembuatan form ini digunakan bootstrap dan jquery untuk mendukung tampilan. Perlu diperhatikan untuk memberikan nama pada setiap komponen input karena nantinya akan dipakai sebagai index dalam fungsi input database.

3. Buat fungsi yang digunakan untuk menyimpan data, berikut algoritma dari fungsi ini:
a. jika password tidak sama dengan konfirmasi password benar maka tampilkan "Konfirmasi password tidak sama" proses berhenti, jika salah lanjut ke langkah selanjutnya.
b. simpan varibel post yang berasal dari form register.
c. simpan data ke database.
d. jika data berhasil disimpan tampilkan "Registrasi berhasil" redirect ke halaman registrasi.
e. jika data gagal disimpan tampilkan "Registrasi gagal" redirect ke halaman registrasi.

Source Code


register.php

user.php

koneksi.php

aksi.php

Struktur File


Struktur file.

Hasil


Tampilan form registrasi.

Tampilan tabel tb_user.

Kesimpulan

Dalam artikel ini untuk membuat form registrasi menggunakan HTML dengan tool boostrap 4 untuk mempercantik tampilan pada form. Kemudian untuk penyimpanan basis data menggunakan MySQL. Sementara bahasa yang digununakan untuk membuat fungsi dari sistem adalah PHP. Untuk mendapatkan data yang berasal dari form HTML yang dibuat menggunakan HTTP POST pada PHP, kemudian untuk menyimpan data pada MySQL menggunakan fungsi mysqli pada PHP.

Modul PHP: Membuat Form Registrasi Modul PHP: Membuat Form Registrasi Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 6/21/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.