Review Paper Pembangunan Sistem Penjualan Online Pada Toko Indah Jaya Furniture Surakarta

Latar Belakang

Toko Indah Jaya furniture ini merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang penjualan furniture perlengkapan alat-alat rumah tangga seperti meja, kursi, lemari, tempat tidur dan lain-lain. Toko ini masih memerlukan perluasaan dalam bisni penjualan produk-produk yang disediakan oleh Toko Indah Jaya Furniture. Oleh sebab itu Toko Indah Jaya Furniture ini mempunyai permasalahan bagaimana caranya untuk memperluas dalam mendapatkan pelanggan baik di dalam daerah maupun di luar daerah. (wawancara,2012)
Untuk memecahkan permasalahan di atas Toko Indah Jaya Furniture ingin membangun sebuah sistem penjualan online (e-commerce) untuk mempromosikan produk yang dibuat oleh toko Indah Jaya furniture. Saat ini internet telah menjadi salah satu infrastruktur komunikasi yang termurah dan jangkauan penerimaan yang luas  dan tanpa batas, maka internet-pun sering digunakan sebagai media alternaif untuk menjalankan suatu usaha maupun bisnis. Selain digunakan sebagai media informasi dan komunikasi, internet juga dapat digunakan sebagai proses jual beli produk, jasa dan media informasi yang lengkap secara online. Atau suatu transaksi keuangan melalui internet antara penjual dan pembeli yang lebih dikenal dengan e-commerce. Dengan keunggulan internet yang dapat melakukan pelayanan tanpa ada batas waktu, akses yang mudah dan biaya yang terjangkau serta kemudahan-kemudahan lainnya, membuat semakin banyak pembisnis yang berkecimpung kedalam e-commerce.

Tujuan Penelitian

Menyajikan suatau program penjualan online berbasis web yang dapat membantu Toko Indah Jaya Furniture mempromosikan produk–produk yang dimiliki.

Perumusan Masalah

1. Bagaimana cara untuk mempermudah pelaku usaha untuk mempromosikan toko serta produknya.
2. Bagaimana cara untuk mempermudah konsumen dalam melakukan pemesanan tanpa harus datang langsung ke tempatnya.

Metodologi Penelitian

Metode Penelitian

Hasil dan Pembahasan

1. Implementasi

Implementasi adalah proses penerapan Sistem Penjualan Online Berbasis Web pada Indah Jaya Furniture agar dapat berfungsi sebagaimana yang diharapkan dan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas dan efisiensi informasi yang disajikan, maka dilakukan pengetesan serta uji coba guna menghindari adanya kesalahan yang mungkin terjadi, sehingga pengembangan dan perbaikkan.
Tampilan Halaman Awal Website

2. Uji Coba

Uji coba pertama dilakukan pada domain hosting gratis, Hal tersebut untuk memastikan link-link maupun page-page pada website yang dibuat berfungsi dengan baik dan tidak terjadi kesalahan. Dan untuk mendapatkan kesimpulan dari uji coba website kepada pihak toko, maka diajukan pertanyaan dalam bentuk quessioner sebanyak 4 pertanyaan. Berikut hasil quessioner yang diberikan kepada pihak toko.
Hasil Survei Quessioner

Kesimpulan

1. Toko Indah Jaya Furniture saat ini sudah memiliki sistem penjualan online sebagai sarana promosi penjualan yang dapat di akses dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan koneksi internet.
2. Customer dapat langsung melihat produk baru dari E-Commerce online sehingga dapat melakukan proses pembelian secara langsung tanpa harus datang ke toko tersebut.
3. Sistem E-commerce online dapat mempermudah proses transaksi pembelian produk furniture.
4. Tampilan website penjualan online sudah bagus sesuai standar web e-commerce.

Informasi paper

Judul: Pembangunan Sistem Penjualan Online Pada Toko Indah Jaya Furniture Surakarta
Ditulis oleh: Arip Aryanto, Tri Irianto Tjendrowasono
Tahun: 2012
E-mail: arip_aryanto@yahoo.co.id
Kata Kunci: e-commerce, furniture
Diambil dari: http://ijns.org
Review Paper Pembangunan Sistem Penjualan Online Pada Toko Indah Jaya Furniture Surakarta Review Paper Pembangunan Sistem Penjualan Online Pada Toko Indah Jaya Furniture Surakarta Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 5/30/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.