Review Paper Jaringan Syaraf Tiruan Dengan Algoritma Backpropagation Untuk Penentuan Kelulusan Sidang Skripsi

Latar Belakang

Perguruan tinggi swasta STMIK Budidarma Medan selama ini belum menerapkan system penentuan kelulusan sidang skripsi pada mahasiswa yang hendak selesai, di mana mahasiswa tersebut langsung disidangkan tanpa menentukan kelayakan skripsinya, hal ini mengakibatkan mahasiswa yang mengikuti sidang meja hijau merasa kesulitan mengikuti sidang meja hijau dengan dosen penguji.
Jaringan Syaraf Tiruan merupakan salah satu sistem pemrosesan informasi yang didesain dengan meniru cara kerja otak manusia dalam menyelesaikan suatu masalah dengan melakukan proses belajar melalui perubahan bobot sinapsisnya. Ada banyak teknik yang dapat digunakan untuk implementasi Jaringan Syaraf Tiruan yaitu Perceptron, Backpropagation dan Fuzzy. Jaringan Syaraf Tiruan dengan menggunakan algoritma backpropagation telah banyak digunakan untuk menyelesaikan beberapa masalah salah satunya masalah prediksi. Pada penelitian sebelumnya dalam jurnal yang berjudul Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Mengukur Tingkat Korelasi Antara NEM dengan IPK kelulusan Mahasiswa nilai (Training) dan pengujian (Testing), di mana pada proses pelatihan melakukan pengenalan pola dermatoglifi. Dengan data pelatihan yang cukup diharapkan pada saat pengujian dapat memprediksi curah hujan.
Sumber Gambar: https://www.researchgate.net/figure/Gambar-1-Arsitektur-jaringan-syaraf-tiruan-Siregar-2009-Figure-1-Sturucture-of_fig1_326648350

Tujuan Penelitian

1. Menentukan kriteria penentuan kelulusan sidang skripsi.
2. Mengimplementasikan Jaringan Syaraf Tiruan untuk penentuan kelulusan sidang skripsi bagi mahasiswa STMIK Budidarma Medan dengan menggunakan metode backpropagation.
3. Menguji Keakuratan algoritma backpropagation dalam menentukan kelulusan sidang skripsi.

Perumusan Masalah

1. Bagaimana menentukan parameter kelulusan sidang skripsi berdasarkan algoritma backpropogation?
2. Bagaimana implementasi jaringan syaraf tiruan untuk menentukan kelulusan sidang skripsi STMIK Budidarma medan?
3. Bagaimana menerapkan Jaringan syaraf tiruan untuk kriteria-kriteria kelulusan sidang skripsi?

Metodologi Penelitian

Dalam melakukan pelatihan dan pengujian hasil dari pengolahan data nilai ujian sidang skripsi mahasiswa STMIK Budidarna Medan, maka pengolahan data tersebut juga akan diujikan ke dalam sistem komputerisasi. Software yang akan digunakan dalam pengujian data proses penentuan kelulusan sidang skripsi tersebut yaitu dengan memanfaatkan software Matlab 6.1. berikut langkah-langkah pada penelitian ini:
1. Pelatihan Pertama dengan 50 Pelatihan dan 50 Pengujian
2. Analisa Penentuan Kelulusan Sidang Skripsi
3. Analisa Variabel Penentuan Kelulusan Sidang Skripsi
4. Penentuan Data Input dan Target
5. Pengolahan Data
6. Penetapan Output
7. Perancangan Manual Jaringan Syaraf Tiruan

Hasil dan Pembahasan

Setelah dilakukan pelatihan terhadap data pertama maka korelasi hasil jaringan syaraf tiruan terhadap penentuan kelulusan sidang skripsi belum dapat hasil yang maksimal, hal ini dikarenakan masih melakukan pelatihan pada iterasi pertama dan belum mencapai error sesuai dengan target.
Hasil percobaan atau pelatihan jaringan syaraf tiruan menunjukan bahwa backpropagation yang sudah dilatih dengan baik akan memberikan keluaran yang masuk akal jika diberi masukan yang serupa (tidak harus sama) dengan pola yang dipakai dalam pelatihan sifat backpropagation yang generalisasi ini membuat pelatihan lebih efisien karena tidak perlu dilakukan pada semua data.

Kesimpulan

Dari hasil iterasi p=1 masih terdapat nilai yang berada di bawah 0 (nol), hal ini menunjukkan bahwa prediksi yang diharapkan kurang baik atau tidak sesuai (tidak akurat). Untuk mencapai nilai keluaran yang kuat dan akurat, maka perlu dilakukan beberapa perbandingan arsitektur jaringan lainnya dan tidak mungkin dilakukan secara manual akan tetapi harus dibantu dengan menggunakan software Mathlab 6.1 atau versi yang lebih tinggi.

Informasi Paper

Judul: Jaringan Syaraf Tiruan Dengan Algoritma Backpropagation Untuk Penentuan Kelulusan Sidang Skripsi
Ditulis oleh: Zekson Arizona Matondang
E-mail: zeksonarizona@gmail.com
Kata Kunci: Jaringan Syaraf Tiruan, Algoritma Backpropagation, Kelulusan, Skripsi
Diambil dari: ejurnal.stmik-budidarma.ac.id
Review Paper Jaringan Syaraf Tiruan Dengan Algoritma Backpropagation Untuk Penentuan Kelulusan Sidang Skripsi Review Paper Jaringan Syaraf Tiruan Dengan Algoritma Backpropagation Untuk Penentuan Kelulusan Sidang Skripsi Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 3/24/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.