Kerangka Konseptual
Model kerangka konseptual. |
Pembahasan :
Pelayanan (X1)1. (X1.1) Tiket (Harga Tiket, Sistem Penjualan Tiket)
2. (X1.2) Fasilitas (Mess Pemain, Tempat Latihan Pemain, Stadion, Parkir Kendaraan)
3. (X1.3) Informasi (Petugas, Informan Sosial Media)
Kualitas Permainan (X2)
1. (X2.1) Prestasi
2. (X2.2) Strategi Permainan
3. (X2.3) Hasil Permainan
Kepuasan Supporter (Y1)
1. (Y1.1) Loyalitas
2. (Y1.2) Daya Minat
Implementasi
1. Untuk melakukan pengujian mediasi menggunakan WarpPLS, langkah awal adalah membuat kerangka konseptual.2. Kemudian membuat data responden sebanyak 50 data responden dengan nilai range 1-5 untuk dapat dilakukan pengujian mediasi.
3. Masuk ke WarpPLS, dan ikuti langkah-langkah seperti pada gambar ini.
Langkah-langkah saat masuk ke WarpPLS. |
4. Buatlah file untuk menyimpan data pengujian tersebut dengan nama ‘Supporter.prj’.
5. Import 50 data responden yang telah dibuat dengan berformat .txt seperti pada gambar di bawah ini.
Proses import data responden. |
6. Lihat apakah data sudah sesuai dengan data yang telah kita buat, lihat ada pada gambar di bawah ini.
Proses penyesuaian data. |
7. Kemudian mengecek data sebelum di proses apakah terdapat data yang tidak valid, data yang bernilai 0, dan kolom yang tidak sesuai, dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Data sebelum di proses. |
8. Kemudian data akan di proses, data yang telah di proses akan terlihat pada gambar di bawah ini.
Data setelah di proses. |
9. Langkah selanjutnya adalah membuat tabel dari kerangka konseptual yang telah dibuat sebelumnya, dan menyusun nya sesuai kerangka,
10. Hubungkan arah panah sesuai konsep, maka akan terlihat tabel diagram sesuai kerangka konseptual yang telah dibuat, seperti pada gambar di bawah ini
Tabel diagram. |
11. Langkah terakhir adalah memproses tabel diagram dengan data responden sebelumnya, sehingga memunculkan tabel seperti gambar di bawah ini.
Tabel diagram setelah diproses. |
Hasil
Diagram Hasil |
1. Pelayanan mampu menjadikan varians Kualitas sebesar 6%.
2. Kualitas dan Pelayanan mampu menjelaskan varians Loyalitas sebesar 24%.
3. Diketahui pengaruh langsung antara Pelayanan dan Kualitas bersifat positif yaitu koefisien jalur bernilai positif sebesar 0,25 artinya semakin baik Pelayanan yang diberikan oleh Pihak Klub Bola maka terdapat kecenderungan dari Kualitas semakin meningkat. Diketahui pengaruh langsung tersebut signifikan, yaitu nilai probabilitas dari koefisien tersebut sebesar < 0,03.
4. Diketahui pengaruh langsung antara Pelayanan dan Kepuasan bersifat positif yaitu koefisien jalur bernilai positif sebesar 0,40 artinya semakin baik Pelayanan yang diberikan oleh Pihak Klub Bola maka terdapat kecenderungan Kepuasan Supporter semakin meningkat. Diketahui pengaruh langsung tersebut signifikan, yaitu nilai probabilitas dari koefisien tersebut sebesar < 0,10.
5. Diketahui pengaruh langsung antara Kualitas dan Kepuasan bersifat positif yaitu koefisien jalur bernilai posifif sebesar 0,34 artinya semakin baik Kualitas yang telah didapat maka terdapat kecenderungan Kepuasan Supporter akan semakin meningkat. Diketahui pengaruh langsung tersebut signifikan, yaitu nilai probabilitas dari koefisien tersebut sebesar < 0,01.
Analisa Data menggunakan Pengujian Mediasi dengan Software WarpPLS
Reviewed by Syafriansyah Muhammad
on
1/11/2019
Rating:
Tidak ada komentar: