Modul Basis Data Query Bersyarat : Tabel Pegawai

Query bersyarat merupakan merupakan perintah query yang memiliki kriteria. Query bersyarat dapat digunakan dengan memakai having atau where. Untuk kriteria having biasanya digunakan untuk menentukan kriteria yang bersifat fungsi aggregate dan harus diikuti dengan group by, misalnya : select salary from employees group by salary having salary<16000 order by salary. Sedangkan untuk where digunakan untuk menentukan kriteria dengan menggunakan fungsi Comparison(=, <>, <, >, >= atau <=), between, in, like / not like atau is null / is not null, misalnya : select first_name, employee_id from employees where employee_id>=200.

CONTOH SOAL
1. Tampilkan gaji dari employees yang jumlah gajinya di bawah 16000(having)
2. Tampilkan nama depan yang employee id nya lebih dari sama dengan 200(where)
3. Tampilkan nama depan yang memiliki karakter “lex”(like)
4. Tampilkan nam terakhir yang berawalan selain huruf “a”(not like)
5. Tampilkan nama depan yang  memiliki job id AD_VP atau FI_MGR(in)
6. Tampilkan nama depan yang hire date nya antara tanggal 1-juni-1998 sampai 21-agustus-1999(between)

PEMBAHASAN
menampilkan gaji dari employees yang jumlah gajinya dibawah 16000
Untuk menampilkan gaji dari emplooyes yang jumlah gajinya dibawah 16000 kita menggunakan query bersyarat having sebagai penggunaan syaratnya. 

menampilkan nama depan yang employee id nya lebih dari sama dengan 200
Untuk menampilkan nama depan yang employee_id nya lebih dari sama dengan 200 kita menggunakan query bersyarat where sebagai persyaratannya.

menampilkan nama depan yang memiliki karakter “lex”
Untuk menampilkan nama depan yang memiliki karakter ’lex’ dalam namanya kita menggunakan query bersyarat LIKE dan tambahan tanda % di depan dan di belakang ‘lex’ untuk menemukan nama depan yang mengandung kata ‘lex’. 

menampilkan nama terakhir yang berawalan selain huruf “a”
Untuk nama terakhir yang berawalan selain huruf ‘A’ kita menggunakan query bersyarat NOT LIKE dan dengan tambahan tanda % di belakang huruf A. 

menampilkan nama depan yang  memiliki job id AD_VP atau FI_MGR
Untuk menampilkan nama depan yang memiliki JOB_ID AD_VP/ FI_MGR kita menggunakan query bersyarat in dengan penulisan in (‘syarat_1’,’syarat_2’). 

menampilkan nama depan yang hire date nya antara tanggal 1-juni-1998 sampai 21-agustus-1999
Untuk menampilkan nama depan yang HIRE_DATE nya antara tanggal ’01-JUN-98’ sampai ’21-AUG-99’ kita menggunakan query bersyarat between dengan penulisan between ‘syarat_1’ and ‘syarat_2’.

QUERY
Modul Basis Data Query Bersyarat : Tabel Pegawai Modul Basis Data Query Bersyarat : Tabel Pegawai Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 7/10/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.