Modul Basis Data Normalisasi : Kartu Rencana Studi Mahasiswa

Normalisasi merupakan proses perancangan table yang bertujuan untuk mengurangi data yang terduplikasi dan data yang inkonsistensi. Proses normalisasi memiliki tahapan paling ringan dari (1NF) hingga paling ketat (5NF), sebuah table dikatakan normal apabila minimal telah memenuhi kriteria 3NF. Pada tahap 1NF sebuah table akan direkomposisi ulang sehingga menhilangkan composite serta multivalue atributnya. Pada tahap 2NF harus ditambahkan atribut yang bergantung pada primary key secara functional dependency dan atribut yang yang tidak memiliki ketergantungan pada primary key harus dipindah atau dihilangkan. Dalam proses 2NF atribut harus memenuhi Functional Dependency yaitu atribut tersebut harus memiliki ketergantungan kepada 2 primary keey yang telah ditentukan, serta atribut yang hanya memiliki ketergantungan parsial atau tidak memiliki ketergantungan sama sekali terhadap primary key harus dipindah atau dihapus.

CONTOH SOAL
Buatlah proses normalisasi hingga 2NF dari salah satu entitas dengan studi kasus universitas !

PEMBAHASAN
tabel utama
Pada tabel utama tersebut memiliki 5 field yaitu npm, nama, par, jur dan matkul. Pada field matkul memiliki multivalue atribut yaitu atribut yang bernilai banyak.

1NF
tabel mahasiswa
tabel matakuliah
Pada tahap 1NF multivalue atribut tersebut harus dihilangkan, dengan cara memisahkan tabel utama menjadi 2 tabel yaitu table matkul yang berisi nama_matkul dan kd_matkul sebagai primary key dan table mahasisawa yang berisi npm, nama, par, dan jur dengan npm sebagai primary key. 

2NF
tabel absensi
Pada tahap 2NF harus menyambungkan 2 tabel yang sudah terbentuk dengan cara membuat atribut baru yang memiliki ketergantungan pada kedua primary key yang sudah ada. Pada table tersebut telah ditambahkan atribut kehadiran yang bergantung pada npm dan kd_matkul dan membuat table baru yang berisi npm, kd_matkul, dan kehadiran.
Modul Basis Data Normalisasi : Kartu Rencana Studi Mahasiswa Modul Basis Data Normalisasi : Kartu Rencana Studi Mahasiswa Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 7/04/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.