Modul Basis Data DDL dan DML : Tabel Mahasiswa, Dosen, dan Matakuliah

DDL merupakan perintah-perintah yang digunakan untuk mendefinisikan database secara logika, beberapa perintah DDL meliputi : CREATE (digunakan untuk membuat database, maupun tabel), ALTER(digunakan untuk mengubah struktur tabel), DROP(digunakan untuk menghapus database, maupun tabel).

DML merupakan perintah-perintah yang digunakan untuk memanipulasi data di dalam database, perintah DML meliputi : INSERT(untuk memasukkan data ke dalam tabel), UPDATE(untuk memperbarui data dalam tabel), DELETE(untuk menghapus data dari tabel), SELECT(untuk menampilkan data dari tabel).

CONTOH SOAL
1. Buatlah 3 tabel dengan studi kasus universitas!
2. Lakukan pengisisan 10 data pada masing-masing tabel (insert)!
3. Lakukan proses pembaruan data (update)!
4. Lakukan proses menghapus data (delete)!
5. Lakukan proses menampilkan data (select)!
6. Lakukan proses mengubah tabel (alter)!
7. Lakukan proses menghapus tabel (drop)!

PEMBAHASAN
DDL
tabel mahasiswa

tabel dosen
tabel matkul

Terdapat 3 tabel yaitu tabel mahasiswa, matkul, dan dosen. Pada tabel mahasiswa memiliki field npm, nama, par, dan jur dengan npm sebagai primary key. Pada tabel matkul memiliki field kd_mk, nama_mk, sks, dan semester dengan kd_mk sebagai primary key. Sedangkan pada tabel dosen memiliki field nip, nama, telp, dan email dengan nip sebagai primary key.

DML
tabel dosen setelah mendelete nip 0317823010
tabel dosen setelah di drop
tabel matkul setelah update data dengan kd_mk IF05

Untuk menginput data pada tabel menggunakan query insert contoh : INSERT INTO dosen VALUES('0317823001','Mathew Ryan','085730462810','mr@gmail.com') , untuk melihat data yang telah diinput menggunakan query select misalnya :  select * from dosen, kemudian untuk mengedit data menggunakan query update misalnya : update matkul set nama_mk='Pengantar Sistem Informasi',sks='3',semester='1' where kd_mk='IF05', untuk mendelete data pada tabel menggunakan query delete misalnya : delete from dosen where nip='0317823010'. Perintah alter digunakan untuk merubah tipe data maupun panjang data field dalam tabel misalnya : alter table mahasiswa modify par varchar(2), dan untuk menghapus tabel menggunakan perintah drop contoh : drop table dosen.

QUERY
Modul Basis Data DDL dan DML : Tabel Mahasiswa, Dosen, dan Matakuliah Modul Basis Data DDL dan DML : Tabel Mahasiswa, Dosen, dan Matakuliah Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 7/06/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.