Manfaat Semut Jepang Terhadap Kesehatan

Latar Belakang

Semut Jepang yang memiliki sebutan ‘Ari’ oleh masyarakat Jepang ternyata dipercaya memliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Semut Jepang sendiri digolongkan sebagai serangga yang setia bagi masyarakat Jepang karena kesetiaan mereka terhadap teman satu kelompok. Bagaimana dengan semut Jepang? Apakah semut yang satu ini juga memiliki manfaat khusus? Nah, semut Jepang memang memiliki banyak manfaat dan semut ini juga sudah banyak diperjual – belikan.
Photo by Mikhail Vasilyev on Unsplash 
Semut Jepang sebenarnya memiliki lebih dari 150 jenis di antaranya ‘Pachyondyla Pilosior’, ‘Losius Talpa’, ‘Polyergus Samurai’, ‘Stenamma Owatoni’, dan masih banyak lagi. Tetapi dari sekian ratus jenis semut Jepang, ciri – ciri mereka bisa dibilang serupa dan sangatlah mirip.

Melalui ciri –ciri fisik mereka kita dapat sangat membedakan yang mana semut Jepang dan mana semut Indonesia. Tubuh semut Jepang berukuran lumayan besar, lebih berisi, dan keras. Mereka juga memiliki sayap di bagian tubuh mereka seperti semut bersayap tetapi tidak bisa digunakan. Semut Jepang memiliki warna tubuh yang lebih hitam dan mengkilat. Sehingga penampilannya cukup menarik dan bisa menjadi perbedaan jelas dengan semut lainnya.

Sama seperti semut pada umumnya, semut Jepang juga gemar berkelompok atau membuat kelompok di berbagai tempat. Mereka juga suka sekali bereproduksi dan memperbanyak keturunan. Jadi tidak aneh bila perternakan semut Jepang yang memiliki banyak manfaat berjalan sukses. Selain itu semut Jepang juga bukan pemakan sesama.

Definisi Semut Jepang

Semut jepang sebenarnya adalah kumbang yang berasal dari Marga Kumbang Tenebrio yang berhasal negeri matahari(jepang). Masyarakat Indonesia biasa menyebutnya semut jepang supaya lebih mudah diingat, Padahal semut jepang sebenarnya bukan merupakan jenis semut melainkan sejenis kumbang. Kumbang tersebut biasa disebut oleh masyarakat jepang sebagai ‘Ari’.

Semut jepang sendiri memiliki ciri-ciri yang membedakan bahwa dia bukan merupkan sejenis semut. Ciri-ciri tersebut antara lain :
1. Berbadan keras
Semut jepang memiliki badan yang keras dan bukan lunak seperti semut pada umunya.

2. Memiliki 3 pasang kaki dan sepasang antena

3. Bukan termasuk hewan kanibal

4. Berwarna hitam gelap

5. Berukuran 1 – 2 cm

6. Memiliki sayap
Semut jepang memiliki sepasang sayap tetapi dia tidak dapat terbang, pada sepasang sayap tersebut terdapat garis-garis lurus

7. Bukan hewan kanibal

8. Suka hidup di ragi

9. Hidupnya berkelompok(berkoloni)

10. Memiliki 4 fase hidup
Fase pertama adalah telur, proses telur memerlukan waktu sekitar 10 hari agar menetas menjadi ulat.

Fase kedua adalah ulat, proses ulat menjadi sebuah kepompong memerlukan waktu 20 hari agar berubah menjadi kepompong, dalam fase kedua ini dia hanya melakukan kegiatan makan dan makan sampai dia dapat berubah menjadi kepompong.

Fase ketiga adalah kepompong, proses ini membutuhkan waktu yang terlama dari proses sebelumnya yaitu sekitar 27 hari agar menjadi sebuah kumbang dewasa.

Fase terakhir adalah kumbang dewasa, pada fase ini semut jepang akan mencari pasangan kemudian akan berkembang biak.

Manfaat Semut Jepang Untuk Kesehatan

1. Mengatur kadar kolesterol

Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh kita tetapi tidak sedikit dari kita yang mengkonsumsi kolesterol terlalu berlebihan, seperti mengkonsumsi makanan – makanan bersantan ataupun makanan laut yang dapat menambah kolestrol. Semut Jepang dapat membantu mengaturnya baik bagi penderita kolesterol tinggi maupun normal, itulah salah satu kegunaan semut jepang bagi kolestrol.

2. Meringankan Diabetes

Semut memang sangat senang sekali dengan gula atau yang berbau manis-manis tetapi semut Jepang diyakini dapat membantu mengatur jumlah gula dalam tubuuh kita khususnya bagi penderita penyakit gula atau yang kita sering sebut diabetes. Mereka akan menghilangkan gula dalam darah yang berelebihan.

3. Meringankan penyakit jantung

Semut Jepang juga dipercaya dapat mengobati penyakit jantung. Penyakit yang dapat menyerang berbagai usia ini memang penyakit yang menyeramkan dan terkenal sangat berbahaya karena dapat menghilangkan nyawa seseorang secara tiba-tiba, tetapi Semut Jepang dapat mengatasi hal tersebut sampai benar benar mengobati hingga sembuh.

4. Meringankan penyakit hati

Seringkali semut jepang dapat mengobati penyakit hati seperti liver, tapi tidak menutup kemungkinan semut jepang hanya tidak membuat penyakit hati kambuh lebih parah.

Efek Samping Konsumsi Semut Jepang

Dari tahun ke tahun, dan berbagai informasi, tidak adanya efek samping dari mengkonsumsi semut jepang, dan beberapa orang yang pernah mengkonsumsi nya hanya terlihat pada pencernaan ketika mengkonsumsinya, itu semua tergantung kesehatan kita bila down mungkin akan terkena efek pencernaan.

Cara Mendapatkan Semut Jepang

Semut Jepang sangat sering ditemukan karena pembudidayaan semut jepang yang jauh reatif banyak, terkadang konsumen mendapatkan semut jepang berupa Semut, Kapsul, maupun dalam bentuk obat dan bisa saja mendapatkan secara langsung maupun via online.

Cara Mengkonsumsi Semut Jepang

Semut Jepang dapat dikonsumsi dengan 3 cara, adapun cara caranya akan dibahas dibawah ini : 

Cara 1.

Masukan semut ke tengah-tengah buah kemudian kunyah bersama buah tersebut agar rasa semut tidak begitu terasa. Cara konsumsi yang satu ini bisa dipakai bila anda tidak ingin menggunakan kapsul yang terbuat dari rumput laut. Pastinya semut lebih cepat hancur karena telah dikunyah terlebih dahulu dimulut.

Cara 2.

Ada cara yang lain untuk mengkonsumsi semut Jepang. Cara tersebut adalah dengan menyeduh semut Jepang dengan air hangat. Biarkan beberapa menit sampai air menjadi lebih dingin. Tetapi cara yang ini akan sangat terasa bahwa anda sedang menelan beberapa semut ke perut anda, 

Cara 3

Dengan mengkonsumsi berupa kapsul, bagi pengidap penyakit stroke, diabetes, dan penambah vitalitas . Penggunaanya harus sesuai aturan main .
- Bagi pengidap penyakit stroke, mengkonsumsi kapsul 3x sehari, dengan isi 2 – 3 ekor semut
- Bagi pengidap diabetes, mengkonsumsi kapsul 2x sehari dengan isi 2 – 3 ekor semut
- Bagi penambah vitalitas, dapat mengkonsumsi 2x sehari dengan pagi dan malam, dengan isi 1 – 2 ekor semut. 

Kesimpulan

Semut jepang adalah sejenis kumbang yang berasal dari negara Jepang yang oleh masyarakat Indonesia diberi nama dengan semut jepang agar mudah diingat, semut jepang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia dan tidak mengandung bahan dan zat kimia sehingga baik bagi kesehatan, perlunya cara pembudidayaan semut jepang agar tidak punah karena semut jepang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Daftar Pustaka

1. Hermawan, Indra. 2014. Siklus Metamorfosa dari Semut Jepang. http://www.semut-jepang.com/2014/12/siklus-metamorfosa-dari-semut-jepang.html. 12 Desember 2015.

2. Yuli. 2015. 8 Manfaat Semut Jepang bagi Kesehatan. http://manfaat.co.id/8-manfaat-semut-jepang-bagi-kesehatan. 12 Desember 2015.
Manfaat Semut Jepang Terhadap Kesehatan Manfaat Semut Jepang Terhadap Kesehatan Reviewed by Syafriansyah Muhammad on 2/24/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.